Tips Menjaga Semangat dalam Berorganisasi

Untuk sahabat ku diseluruh INDONESIA....

Kali ini saya ingin berbagi tips untuk teman-teman semua yang sedang giat-giatnya berorganisasi, baik itu di kelompok anak, forum anak, komunitas anak, organisasi anak ataupun kelompok kegiatan yang lainnya, tidak harus anak hehe..


Tips kali ini yaitu tentang Bagaimana menjaga Komitmen/Semangat kita dalam Berorganisasi.

Tips-tips yang saya berikan berdasarkan pengalaman saya berorganisasi dari dulu hingga saat ini dan masih selalu saya pegang teguh dalam berorganisasi sampai sekarang.

Buat saya ini tips yang sudah saya buktikan dan alhamdulillah terbukti dengan diri saya..
Langsung saja yah...

Secara sederhana Tips ini tentang "Kontrak Belajar", pelajaran yang pertama saya dapat saat saya berorganisasi. Yup mungkin sebagian teman-teman sudah tau apa itu "Kontrak Belajar".

Kontrak Belajar adalah sesuatu yang harus kita rumuskan dalam suatu kegiatan, seperti yang akan saya jelaskan dalam artikel ini. Jadi yg pertama adalah :

  1. Membuat Kontrak Belajar

    Kontrak Belajar ini berlaku saat kalian memiliki niat untuk berorganisasi hingga suatu tujuan organisasi tercapai. Kontrak belajar terdiri dari :
    • Apa sih yang ingin kamu Dapat dalam Organisasi, bentuknya adalah Harapan atau sesuatu yang kamu Harapkan, tuliskan dalam sebuah kertas. Misalnya..
      • Mau punya teman baru...
      • Ingin tau lebih banyak tentang Osis
      • Ingin Jadi Ketua Forum Anak
      • Saya Berharap dengan Ikut Forum Anak bisa jadi Terkenal
      • bla..bla..bla..
    ingat! Tuliskanlah Harapan kamu yang sesungguhnya, yg paling kamu inginkan.. tapi jangan bertentangan dengan TUJUAN dari Organisasi kamu.
    • Apa sih yang kamu takutkan/tidak kamu inginkan.. bisa dalam berbentuk kekhawatiran diri kamu atau apa saja yang kamu takuti dalam berorganisasi. misalnya ..
      • Takut menganggu waktu belajar di sekolah ...
      • Saya khawatir mengecewakan temen-teman..
      • Saya khawatir kangen mamah dirumah..
      • Khawatir tidak bisa presentasi...
      • Saya tidak tau apa itu forum anak, takut ditanya soal forum..
      yang ini juga sama, tuliskan kekhawatiran kamu yang paling kamu takuti jika kamu berorganisasi ....
        
    • Apa yang Boleh kamu lakukan nantinya dalam berorganisasi... Kamu bisa membaca ulang Apa yang kamu inginkan dan yang kamu khawatirkan lalu tuliskan apa saja yang dapat kamu Lakukan dalam mencapai keinginan kamu dan agar ketakutan kamu tidak terjadi, tuliskan dalam sebuah kertas .. misalnya..
      • Saya harus meminjam buku tentang Forum dan membacanya..
      • Berdiskusi dengan Fasilitator
      • Memperkenalkan diri ke Anggota yang lain tentang diri saya
      • Berlatih dan berdoa
      • Mengingatkan teman jika ada yang kurang baik
      • Membagi dan mengatur jadwal saya...
      • Mencatat dan menyimpan nomor penting tmn-tmn

      Tuliskan saja kira-kira hal apa sih yang dapat kamu lakukan saat kamu berorganisasi, jangan takut kebanyakan, semakin banyak kamu tau apa yang harus kamu lakukan itu akan lebih baik..

    • Apa yang tidak Boleh kamu Lakukan nantinnya dalam berorganisasi .. nah sekarang tuliskan apa saja hal yang tidak boleh/atau harus kamu hindari untuk mencapai harapan kamu dan meminimalisir terwujudnya kekhawatiran kamu.. tuliskan dikertas yah.. misalnya ...
      • Saya tidak boleh bermain hape saat pertemuan atau diskusi
      • Tidak boleh mencela, bertengkar atau berkelahi dengan teman
      • tidak boleh ngaret ----
      • tidak boleh malas :)
      • Hal ini juga sama, semakin banyak maka semakin bagus untuk kamunya nanti ..
Setelah Sudah semua "Kontrak Belajar" maka kertas yang tadi kamu tuliskan, kamu bisa tempel di tempat yang kamu dapat selalu melihat, misalnya cermin,, di layang komputer/laptop.. atau jika malu kamu bisa simpan ditempat yang paling rahasia. hehe gamasalah kok..

0 Komentar:

Posting Komentar