Sudah punya website, namun pengiriman email dari website ke email lain (yahoo/gmail/dll) di anggap spam, biasanya tidak masuk ke INBOX ataupun langsung masuk ke Folder SPAM/JUNK.
Umumnya email yang dianggap SPAM dikarenakan beberapa alasan.
1. Email Pengirim tidak Jelas
2. Konten Email berisi SPAM
3. IP Server Sudah sering Terblok (Biasanya Sharehosting)
4. Pengiriman email dalam jumlah yg besar
dari wikipedia menyebutkan :
Spam adalah penggunaan perangkat elektronik untuk mengirimkan pesan secara bertubi-tubi tanpa dikehendaki oleh penerimanya. Orang yang melakukan spam disebut spammer. Tindakan spam dikenal dengan nama spammingPada intinya email yg tidak dikehendaki oleh penerima merupakan email spam.
Bagaimana caranya agar tidak masuk ke Inbox Spam / Junk.
Cara paling mudah adalah penerima email dapat menandai email yg kita kirim sebagai email "Bukan Spam" atau "Mark Not Spam". Maka email selanjutnya yg masuk akan muncul di Inbox kita.
namun tidak mungkin jika penerima email kita banyak, misalnya email pelanggan.
untuk itu harus setting di CPANEL hosting dengan menggunakan Fitur Email Authentication
Login ke Cpanel
Klik Email Authentication
Lalu Setting DKIM dan SPF menjadi EnableDKIM (DomainKeys Identified Mail) merupakan sarana verifikasi email yang masuk. Hal ini memastikan bahwa email masuk tidak dimodifikasi dari pengirim. Fitur ini bekerja untuk mencegah pesan spam yang masuk
sedangkan SPF (Sender Policy Framework) memungkinkan Anda untuk menentukan server dan alamat IP yang berwenang untuk mengirim email dari domain anda. Fitur ini bekerja untuk mencegah email spam keluar.
Tunggu Proses resolve nya
dan coba cek kirim email kembali.
Sekian
Sumber Pengalaman pribadi dan Browsing
0 Komentar:
Posting Komentar